PCMI Jateng Gelar Roadshow PPAN di UNS

UNS – International Office Universitas Sebelas Maret (UNS), bekerja sama dengan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI), menggelar Roadshow Pertukaran Pelajar Antar Negara (PPAN). Acara ini diadakan di Ruang Seminar UPT Perpustakaan Lantai 2 pada Rabu (22/2/2017).

Roadshow yang berhasil menarik antusiasme mahasiswa UNS ini dihadiri langsung oleh alumni PPAN 2016 perwakilan Jawa Tengah, yaitu Oscar Carascalao, yang mengikuti Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP), dan Nailul Husna, yang mengikuti ASEAN Students Visit India (ASVI). Kedua alumni tersebut menjelaskan informasi mengenai PPAN di hadapan mahasiswa UNS yang memenuhi ruang acara.

Antusiasme mahasiswa UNS yang memenuhi Ruang Seminar UPT Perpustakaan Lantai 2 saat mengikuti roadshow PPAN

PPAN merupakan program tahunan yang diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam rangka menjaring pemuda-pemudi Indonesia pilihan untuk dikirim ke berbagai negara sebagai Duta Muda Indonesia yang memperkenalkan Indonesia ke khalayak Internasional.

Negara tujuan PPAN sendiri bermacam-macam, yaitu meliputi India, Australia, Tiongkok, Kanada, Korea, Malaysia, dan Jepang. Setiap negara tujuan memiliki spesialisasi fokus dan kegiatan seperti ekonomi kreatif, media, enterpreneurship, leadership, dan profesionalism. Program ini sendiri dapat diikuti oleh mahasiswa dengan kisaran usia 19-30 tahun, dan pendaftaran dapat dilakukan melalui PCMI sesuai dengan wilayah domisili berdasarkan KTP.

Selain memperkenalkan PPAN dari awal dan mengadakan tanya jawab dengan mahasiswa yang ingin tahu lebih lanjut mengenai program ini, Oscar Carascalao, alumni AIYEP 2016, juga membagi tips untuk bisa lolos seleksi PPAN.

“Yang terpenting adalah, teman-teman ketika mau memilih program mana yang ingin diikuti, jangan hanya memilih berdasarkan negara saja. Teman-teman akan lebih baik jika memilih berdasarkan passion dan bidang yang sesuai dengan teman-teman,” terang Oscar. (Savira Qaini/Eln)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *